pelayanan

PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PROGRAM “KOTAKU”

AULA KELURAHAN POLEHAN, 23 – 24 Agustus 2016 sebanyak 60 Undangan yang mewakili dari RW.01, 02, dan 04 Kelurahan Polehan dengan antusias menghadiri acara pelatihan dan pendampingan program “KOTAKU” (Kota Tanpa Kumuh). Program apalagi ini, Apakah bisa mengatasi  masalah untuk memperbaiki Kota Kita tercinta ini. Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) adalah program pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh nasional yang merupakan penjabaran dari pelaksanaan Rencana Strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya tahun 2015 – 2019. Sasaran program ini adalah tercapainya pengentasan permukiman kumuh perkotaan menjadi 0 Ha melalui pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh seluas 38.431 Ha.

acara yang dilaksanakan selama 2 hari tsb, bertujuan me”Mapping” apa saja permasalahan yang ada diwilayah RW.01, 02 dan 04 dan mencari solusi pemecahan masalah yang ada. Ada 9 (Sembilan) kriteria Fisik yaitu keteraturan Bangunan, kepadatan bangunan, Kelayakan fisik bangunan, aksesibilitas lingkungan, drainase lingkungan, pelayanan air minum/baku, pengelolaan air limbah, pengelolaan persampahan, pengamanan bahaya kebakaran dan 6 (enam) Kriteria yaitu legalitas pendirian bangunan, kepadatan penduduk, mata pencaharian, pengunaan daya listrik, fasilitasi pelayanan Kesehatan, fasilitas pelayana pendidikan. Dari kegiatan inilah bermunculan berbagai permasalahan yang terjadi.

Peserta Pelatihan Dan Pendampingan Program “KOTAKU” adalah wakil dari tiap – tiap RT di wilayah RW.01, 02 dan 04, dan merekalah kepanjangan tangan dari Program KOTAKU. Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan. Program tersebut telah memberikan investasi berharga berupa terbangunnya kelembagaan tingkat masyarakat yaitu mulai RT, RW, BKM, LPMK, dan Kelurahan Polehan  serta kerja sama antara masyarakat dan pemerintah daerah, sistem monitoring dan kapasitas tim pendamping.

“Setelah Kegiatan Pelatihan Dan Pendampingan Program “KOTAKU” ini selesai kami harapkan seluruh peserta  dapatnya memberikan penjelasan sebaik – baiknya kepada seluruh warga disekitar saudara, sehingga tujuan Pemerintah mewujudkan Program “KOTAKU” ini dapat berhasil dan didukung oleh seluruh lapisan Masyarakat khususnya warga Kelurahan Polehan kecamatan Blimbing Kota Malang.” Lurah Polehan Dalam penutupan Kegiatan Pelatihan Dan Pendampingan Program “KOTAKU”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *