AGENDA KEGIATANARSIP BERITA POLEHANBALADEWA POLEHANNEWS POLEHAN

SERBUAN VAKSIN GELOMBANG 1 DI KELURAHAN POLEHAN

Untuk mempercepat pelaksanaan Herd Immunit bagi seluruh masyarakat di Indonesia maka Kelurahan Polehan Kecamatan Blimbing Kota Malang juga ikut andil dalam mensukseskan kegiatan vaksinasi covid 19. Bersama Puskesmas Kendalkerep pada awal pelaksanaan vaksinasi ini pendaftran peserta bisa melalui RT/RW atau juga yang bersangkutan langsung datang mendaftar ke kantor Kelurahan Polehan.

Peserta pendaftar vaksinasi setelah hari ke 3 telah mencapai 1270 untuk itu setelah koordinasi dengan Puskesmas Kendalkerep memutuskan untuk membagi menjadi beberapa gelombang pelaksanaan untuk memenuhi antusias masyarakat yang ingin segera mengakhiri pandemi covid 19 ini.

Gelombang pertama pada 18 September 2021 bagi 260 Pendaftar pertama dan gelombang ke dua di rencanakan untuk warga lansia  atau telah berumur 50 Tahun keatas. Hal ini dilakukan karena lansia merupakan prioritas utama vaksinasi untuk mencegah terinfeksi serius Covid 19. Mekanisme yang untuk menghadirkan peserta kelurahan mengedarkan undangan yang diteruskan ke RT/RW sekaligus memastikan peserta benar-benar belum mendapatkan suntikan vaksinasi sehingga bila ada yang telah melaksanakan vaksin sebelum kelurahan mengundang dapat segera memberitahu kelurahan untuk mengantinya dengan peserta lainnya sesuai urutan pendaftaran.

alur vaksinasi di Kelurahan Polehan

  1. peserta vaksinasi datang membawa persyaratan fotocopy E-KTP dan KIS/BPJS serta Undangan
  2. mengambil form Skrining dengan menukar undangan
  3. mengisi identitas dan melaksanakan skrining PTM
  4. pendaftaran vaksinasi pada meja 1
  5. skrining tensi dan suhu tubuh pada meja 2
  6. pemeriksaan kesehatan oleh dokter
  7. jika dianggap sehat sebagai penerima vaksin maka dilanjutkan
  8. ke meja 3 memasukan data dan memberikan kartu vaksin
  9. penyuntikan vaksin sinovac
  10. observasi selama kurang lebih 10 menit untuk menghindari KIPI.

Vaksinasi di Kelurahan Polehan melibatkan Relawan Peduli Polehan dan Sat Linmas Polehan guna membantu kelancaran jalannya vaksinasi. Tidak dipungkiri bahwa peran seluruh relawan sangatlah penting hingga giat ini dapat dilaksanakan dengan situasi kondusif, aman dan sesuai prediksi waktu pelaksanaan.