pelayanan

PEMBUATAN BIOPORI & PEMILAHAN SAMPAH 3R

Dalam rangka menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga sumber daya air yang berkualitas, kelurahan polehan bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang dalam Kegiatan Pembinaan dan Fasilitasi Kegiatan Kader Lingkungan  Kelurahan Polehan melalui pelatihan pembuatan Biopori dan pemanfaatan sampah. Dengan narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup yang kesehariannya berkutat dalam penanganan sampah serta masalah lingkungan hidup di Kota Malang.

Kegiatan yang dihadiri lebih dari 45 undangan dari unsur LPMK, Ketua RW. 01 s.d 07, Kader Lingkungan, dan pengiat lingkungan di kelurahan polehan, dengan antusias mengikuti kegiatan yang dijadwalkan sangat padat mulai pukul 08.30 s.d 13.00. Selain pelatihan langsung kegiatan ini juga diawali dengan pemberian materi yang pertama oleh Bapak Heru Subagio Kepala seksi Bina Penampungan  dan Pemilahan sampah yang mengangkat pentingnya Biopori. Sehingga banyak yang hanya mendengar kata biopori tapi untuk pemanfaatannya, peruntukannya, dan peletakannya yang belum paham menjadi dapat mudah dimengerti.

Narasumber selanjutnya masih tetap dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang yaitu Bapak Sujiyanto, S. AP yang menjelaskan tentang manfaat dari pemilahan sampah mulai dari Rumah tangga, sehingga  setor sampah ke TPA dapat dikurangi hanya untuk sampah yang beresidu / sampah yang tidak dapat didaur ulang. Dengan memilah sampah selain akan memberikan nilai ekonomis bagi keluarga juga memberikan edukasi kepada seluruh keluarga khususnya bahwa sampah bukanlah suatu barang tanpa manfaat. Sampah yang telah dipilah akan menghasilkan 3 (Tiga) jenis yaitu sampah  Organik (didaur ulang oleh alam) sampah Anorganik (di daur Ulang oleh Pabrik/manusia) dan sampah Residu (Tidak dapat didaur ulang).

Setelah penyampaian materi dilanjutkan pelatihan membuat biopori yang bertempat di sebelah gedung Kelurahan Polehan, dipilih tempat tersebut karena untuk lebih mendapatkan pengaplikasian langsung yang tidak jauh berbeda dari wilayah yang hendak di buat biopori oleh para kader dan pengiat lingkungan. Kegiatan ini memang sangat diharapkan untuk dapat membantu penguraian masalah air yang akhir – akhir ini banyak menimbulkan masalah di masyarakat.

Setelah pelatihan pembuatan biopori selesai dilanjutkan dengan pemilahan sampah yang dilaksanakan di RPKD (Rumah Pilah Kompos Daun) Dinas Lingkungan Hidup yang berada di wilayah Kelurahan Polehan tepatnya di JL. Raya Puntodewo RT. 05 RW.03 kelurahan Polehan Kecamatan Blimbing  Kota Malang. Disana seluruh peserta kegiatan melakukan pemilahan sampah 3R seperti yang telah diintruksikan oleh Bapak Sujianto, S. AP kemudian dilanjutkan dengan pembuatan Pupuk Kompos.

Selamat bertugas seluruh Kader Lingkungan dan Pengiat Lingkungan Kelurahan Polehan Semoga pekerjaan baikmu akan menjadi amal baik  bagi seluruh keluarga. Terima kasih telah bertugas tanpa harus menerimah pamrih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *