AGENDA KEGIATANARSIP BERITA POLEHANNEWS POLEHANPokja 4POKJA SEHAT

VAKSIN SINOVAC TAHAP I LANSIA

Sejumlah 160 peserta vaksinansi corona dosis 1 di Aula Kelurahan Polehan di khususkan bagi Lansia berusia 59 tahun keatas. Pelaksanaan vaksinasi di bawah Puskesmas Kendalkerep Kota Malang. Selain vaksinasi  juga sekaligus melaksanakam pendataan Skrining PTM dan pemerikasaan Gula Darah.

Pentingnya pelaksanaan pendataan PTM guna mendeteksi dan menekan kenaikan angka Penderita Penyakit Tidak Menular di masyarakat. Proses PTM melibatkan Kader Posyandu dibawah bimbingan Puskesmas Kendalkerep.

Penyakit Tidak Menular (PTM) adalah penyakit yang bukan disebabkan oleh infeksi kuman. Yang termasuk kategori PTM ini diantaranya adalah stroke, penyakit jantung koroner, kanker, diabetes melitus, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dan gangguan akibat kecelakaan dan tindak kekerasan.

Orang dengan faktor risiko PTM disarankan melakukan aktivitas fisik untuk meningkatkan imunitas serta melaksanakan hidup sehat terutama di masa pandemi ini.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit tidak menular, di antaranya faktor genetik atau turunan, usia lanjut, serta faktor lingkungan, seperti polusi.

Selain itu, penyakit tidak menular juga lebih berisiko terjadi pada orang yang memilki gaya hidup kurang sehat, misalnya:

  • Kurang olahraga
  • Kebiasaan merokok
  • Konsumsi alkohol
  • Pola makan tidak sehat, seperti kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji, makanan tinggi kolesterol, garam dan gula, serta kurang mengonsumsi sayur dan buah

6 Jenis Penyakit Tidak Menular dengan Angka Kematian Tinggi Penyakit tidak menular (PTM) dapat menyerang semua organ tubuh

oleh karena dibutuhkan pendeteksian Tinggi agar meredam adanya Boom dari Angka Kematian akibat PTM.