ARSIP BERITA POLEHANNEWS POLEHAN

PASUKAN KEBERSIHAN

Pasukan Kebersihan atau dikenal Pasning (Pasukan Kuning) di wilayah Kelurahan Polehan pada pendataan tahun 2020 ini sebanyak 33 orang yang tersebar di seluruh RW. Jumlah RW di Kelurahan Polehan seluruhnya hanya 7 RW dengan jumlah RT sebanyak 74 dengan rata – rata tiap RW memiliki petugas Kebersihan sebanyak 3 -5 orang petugas.

Tugas Pasukan Kebersihan adalah rutin mengambil sampah di tiap rumah warga, hampir dilakukan pada pagi hari setiap hari kecuali terdapat yang bersangkutan ada kendala dalam melaksanakan tugas rutinya. dari 33 Pasukan kebanyakan sudah hampir lebih dari 15 tahun melaksanakan tugasnya.

honor yang didapat berasal dari iuran warga tiap bulannya yang terkumpul di Ketua RT. dari hasil iuran tersebut diberikan sebagai honor pasukan kebersihan kurang lebih Rp 150.000 sd 250.000 tergantung kesepakatan dari warga besarnya iuran. satu Petugas Kebersihan dapat melayani 2-3 RT. jika dikalkulasi masih jauh dari kata sesuai mengingat resiko yang di timbulkan dari profesi pasukan kebersihan. Yang paling terlihat jelas resiko kesehatan dimana dampaknya tidak hanya dirasakan saat ini.

melalui pendekatan kepada sektor swasta Plt. Lurah Polehan bersamaKetua LPMK dan Koordinator BKM  mengajukan permohonan kepada pemilik OMAH KALIMOSODO. yang memberikan bantuan berupa satu set seragam bagi Pasukan Kebersihan Kelurahan Polehan. Tentunya hal ini adalah bentuk kepeduliannya pada masyarakat. Pembagian seragam tersebut dilaksanakan di Aula Kelurahan dengan menrapkan protokol kesehatan yang ketat yakni menerapkan 3M; mencuci tangan, mengunakan masker dan menjaga Jarak. Penyerahan yang secara langsung diberikan oleh perwakilan dari pemilik Omah Kalimosodo dan Plt. Lurah Polehan R. Muhammad Ali Nuryadi, SH berjalan lancar dan tertib.

sebanyak 33 orang petugas kebersihan menerima masing-masing satu set seragam pasukan kebersihan berupa; baju katelpak, sepatu boot, dan sarung tangan. Perhatian kecil ini sangatlah bermanfaat besar bagi petugas kebersihan yang selama ini hanya mengunakan pakai apa adanya dalam melaksanakan tugas rutinnya ataupun pengadaan secara pribadi. tidak banyak yang peduli pada mereka apalagi pada masa pendemi covid 19 mereka adalah obyek yang rentan penularan virus ini.

kepedulian dari siapapun anda untuk  sesama sangatlah bermanfaat untuk mereka, walaupun hanya sekedar senyuman. Banyak dari kita yang menganggap sebelah mata profesi petugas kebersihan tapi coba direnungkan apa jadinya jika tanpa mereka sedangkan setiap menit dari aktifitas kita menghasilkan sampah,  dengan kerja keras dan keikhlasan mereka kita tidak membau bau busuk dari sampah yang kita ciptakan, kotoran-kotoran sisa aktifitas kita yang mengotori rumah kita dan semuanya bersih karena profesi mereka.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *