Wisata Religi

TAMAN MAKAM UMUM POLEHAN

letak : klik   Jalan puntodewo selatan kelurahan polehan kecamatan blimbing  kota malang

Tempat Pemakaman Umum disingkat TPU merupakan kawasan tempat pemakaman yang biasanya dikuasai oleh pemerintah daerah dan disediakan untuk masyarakat umum yang membutuhkannya. TPU ini berada dalam pengawasan, pengurusan dan pengelolaan pemerintah daerah itu sendiri.

Dalam penggunaan lahan TPU untuk makan dikelompokkan berdasarkan agama yang dianut oleh orang yang meninggal tersebut. Kemudian ukuran tanah untuk makam disediakan maksimal 2,50 x 1,50 m dengan kedalaman sekurang-kurangnya 1,50 m dari permukaan tanah.

Pada taman makam polehan  1 pengaturannya  masih belum sesuai kepercayaan atau agama tetapi masih dicampur . dan kerapihan dari makam juga tidak atau belum teratur karena masih meneruskan tatanan yang dahulu sehingga juru kunci makam polehan kesulitan dalam pengaturannya .

Berbeda dengan taman makam polehan yang kedua merupakan perluasan kearah timur disana sudah mulai tertata deretannya dan pengelompokan sesuai kepercayaan sehingga diharapkan kedepan taman makam polehan akan tertata rapi dan indah.

TAMAN MAKAM POLEHAN DALAM PEMBENAHAN

melalui dana APBD tahun 2018 dan 2019 serta bantuan CSR dari PT PLN perbaikan makam polehan untuk dijadikan Taman Makam Polehan yang tidak hanya sekedar tempat peristirahatan terakhir yang konon dianggap menakutkan tetapi kedepan Taman makam polehan bisa dijadikan salah satu tujuan untuk berwisata selain melakukan nyekar. Tujuan pembenahan ini selain merubah image makam tentunya juga diharapkan mampu menumbuhkan  sektor ekonomi kerakyatan sehingga tentunya akan dapat menjadikan salah satu lahan pendapatan baru masyarakat mulai dari parkir, makan minum, buah tangan, atupun penjualan lain.

LPMK sebagai mitra kerja dari kelurahan polehan berusaha bersama mewujudkan hal tersebut melalui penataan lingkungan di sekitar makam polehan. salah satunya dengan memagari sekeliling dari area kuburan, mepavingisasi jalan menuju makam, dan juga kedepan akan membuat lukisan mural pada dinding pagar tersebut sehingga diharapkan banyak menarik pengunjung untuk tidak sekedar ber ziarah. Selain itu juga bantuan dari CSR PT. PLN mulai dari bibit untuk penghijauan, pagar, dan juga pemberian lampu jalan PJU dibeberapa titik tentunya sangat membantu akses menuju ke area makam polehan. Saat ini masih dalam proses pembangunan dan ditargetkan akhir 2019 pembangunan akan mencapai 100 %.