Karang Taruna

Karang Taruna merupakan organisasi kepemudaan di Indonesia. Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa / Kelurahan atau komunitas sosial sederajat, yang bergerak dibidang kesejahteraan sosial. Sebagai organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada. Sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna berpedoman pada Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga dimana telah pula diatur tentang struktur penggurus dan masa jabatan dimasing-masing wilayah mulai dari Desa / Kelurahan sampai pada tingkat Nasional. Semua ini wujud dari pada regenerasi organisasi demi kelanjutan organisasi serta pembinaan anggota Karang Taruna baik dimasa sekarang maupun masa yang akan datang.
Karang Taruna beranggotakan pemuda dan pemudi (mulai dari usia 11 – 45 tahun) dan batasan sebagai Pengurus adalah berusia mulai 17 – 35 tahun.
Karang Taruna didirikan dengan tujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para remaja,dalam bidang keorganisasian, ekonomi, olahraga, ketrampilan, advokasi, keagamaan dan kesenian.
Sejarah Karang Taruna

Fokus utama dari terciptanya organisasi ini dilatarbelakangi oleh keinginan para pemuda untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan kesejahteraan sosial di lingkungannya. Berdiri pada tanggal 26 September tahun 1980 di kampung Melayu, menjadi awal dari usaha para pemuda dalam menyejahterakan sosial di lingkungannya. Dalam hal ini hanya melingkupi desa atau kelurahan. Sejarah yang tercatat pada tanggal 26 September 1980 dituangkan dalam kepedulian yang ditorehkan pada berbagai macam kegiatan. Intinya, kegiatan mereka ingin agar warga desanya memperoleh kesejahteraan sosial yang mereka perlukan. Sasaran kepedulian mereka diarahkan pada siapa saja, namun lebih ke arah generasi muda. Dan dulu,karang taruna lebih terfokus pada generasi muda yang lahir dalam keluarga miskin atau setidaknya mengalami masalah sosial yang berat. Dengan niat membantu sesama dengan berbagai kegiatan pengisian waktu luang ini, mereka berharap generasi bangsa kita ini tidak memiliki kualitas rendah.

Semakin ke sini dan ke zaman kita sekarang, Karang Taruna semakin digemari.Sudah banyak muncul berbagai organisasi semacam ini di berbagai desa maupun kelurahan. Kegiatan mereka pun semakin menjadi banyak, tak cuma sebagai pengisi waktu luang. Dari perkembangannya, kini tujuan dan tugasnya lebih mantap dibanding awal mula perkembangannya.

Tetapi, perkembangan organisasi pemuda dari dulu hingga sekarang tidak bisa dikatakan lancar-lancar saja. Misalnya pada tahun 1997 lalu, ada masalah yang menghambat membuat beberapa organisasi ini tidak bisa dilanjutkan, sebut saja berhenti lalu menghilang begitu saja.Tapi syukurlah masih ada yang bertahan, hingga sekarang istilah karang taruna masih santer terdengar di pendengaran. Ini membuktikan bahwa, Organisasi ini tidak bisa dihilangkan begitu sajabdari lingkungan sosial kita.

Dahulu, para warga masih belum bisa memahami istilah ini dalam artian sebenarnya. Untuk menghindari kesalahan pemahaman, maka pemerintah mengeluarkan Peraturan  Menteri Sosial RI Nomor 83/HUK/2005 tentang Pedoman Dasar Taruna. Dengan  kedatangannya pengertian tepat dari Karang Taruna diharapkan tidak ada perbedaan pengertian lain.

Arti Karang Taruna

Karang Taruna,dua kata yang sebenarnya memiliki pengertian panjang itu mungkin beberapa dari kalian masih belum mengetahui pengertiannya dengan jelas. Karang Taruna, sendiri dalam arti singkatnya itu seperti sebuah organisasi yang berisi anggota-anggota yang usianya masih muda di Indonesia. Dalam pengertian lain, Karang Taruna lebih sering disebut sebagai organisasi kepemudaan Indonesia. Seperti pengertiannya, anggota dari Karang Taruna adalah orang-orang yang masih berjiwa muda. Kalau menurut, Permensos No 77 tahun 2010 tentang Pedoman Karang Taruna, tertulis di sana anggotanya memiliki usia sekitar 13 sampai 45 tahun. Lebih dari usia atau sebelum menginjak usia tersebut, belum bisa menjadi bagian dari anggotanya, karena terlalu balita atau terlalu tua.

Organisasi ini diutamakan berada di tingkat desa atau kelurahan. Untuk mbentukanya sendiri, karang taruna dibuat atas dasar kesadaran tiap anggota masyarakat. Jadi organisasi ini, memang tidak bisa dijauhkan dari sosialisasi antar anggota warga desa. Dilatarbelakangi oleh kesadaran mereka yang ingin membuat organisasi yang nantinya bisa mensejahterakan kehidupan sosial, Organisasi ini sangat penting untuk keberadaannya di tiap kelurahan kalian.

Kenapa begitu penting?

Salah satu contoh jelas kenapa Organisasi ini begitu berdampak bila tidak ada keberadaannya di tiap lingkungan adalah ‘kriminalitas yang bisa bertambah’. Aksi kriminal, kebanyakan dilakukan oleh orang-orang yang masih muda. Karena jarang ada penjahat tubuhnya sudah ringkih keriput dimakan usia bukan. Denga kehadirannya, kita bisa lebih memiliki tujuan hidup di usia muda kita. Lebih mempunyai arah, ..dibanding para pemuda yang menjadi penjahat karena tak tahu tujuan hidup. jadi jelas-jelas bukan untuk hal pribadi. Ataupun untuk kehidupan berkeluarga,

itu sangat jelas salah. Jadi karang taruna ini sangat menjembantani para pemuda dalam berkreatifitas, berkreasi, bersosialisasi yang nantinya diharapkan bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Karang taruna adalah organisasi modern yang mementingkan kepentingan bersama, Karang Taruna lebih diperuntukkan pada masalah sosial yang menimpa di lingkungan tempat tinggal mereka.

Pergantian pemimpin di organisasi ini dilakukan oleh pemilihan anggota, bukan dari kepengurusan dan pemilihannya dilaksanakan 5 tahun sekali. Mereka mengurus pentingannya sendiri, mengingat ruang lingkupnya hanya sebatas desa, bukan wilayah yang luas. Desa pun sendiri termasuk dalam daerah otonom. Pemerintah tidak memegang peranan penting di dalamnya. Hanya ada pemuda, dan warga yang mendiami desa.

Tumbuh dan berkembang di lingkungan para pemuda dan pemudi, pengurusnya pun juga para pemuda, fokus permasalahannya pun juga ditujukan pada para pemuda. Karang Taruna benar-benar identik dengan sesuatu yang berjiwa muda. Dan sebagai pemuda, khususnya saya atau kalian, alangkah baiknya kita juga bisa untuk masuk dalam hal-hal bermanfaat semacam ini. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari menjadi anggota organisasi yang ada di setiap desa anda. Yang paling mendukung adalah pembentukan karakter pribadi Anda semua. Karakter akan mudah terbentuk, bila kita sering bergaul dalam hal-hal kebaikan seperti ini. Berkumpul dengan orang lain, bertukar pikiran, menyelesaikan masalah bersama, lingkungan seperti itu lah yang kalian butuhkan agar kepribadian menjadi berkualitas. Itulah, penjelasan panjang serta hal-hal yang harus Anda ketahui tentang Karang Taruna.

Bagi Anda yang masih berjiwa muda, alangkah baiknya kalian mencoba masuk ke organisasi ini yang ada di sekitar tempat tinggal kalian. Bukan hanya pengalaman yang akan kalian dapatkan, tapi ada hal lain lagi seperti sosialisasi Anda bisa semakin menjadi lancar, banyak kenalan, memunculkan sikap pandai dalam berwirausaha, pembentukan karakter dan kepribadian kalian, dapat memberantas atau meminimalisir kejahatan di lingkungan daerah Anda dan lain sebagainya. Masuk menjadi anggota organisasi ini adalah hal yang membanggakan.

Organisasi ini mungkin tak terlalu dianggap keberadaannya, tapi percayalah, tanpa mereka sebuah desa atau kelurahan akan terasa tidak lengkap. Kita butuh mereka dalam setiap desa. Jadi bagi Anda yang masih muda, tak ada salahnya menjadi bagian dari mereka.

Tugas Karang Taruna

Ada beragam tugas yang diemban oleh organisasi para pemuda ini. Namun yang paling menonjol tugasnya adalah menjaga kesejahteraan sosial dalam lingkungan yang dihuninya. Pengertian kesejahteraan sosial sendiri adalah terpenuhinya kebutuhan warga negara yang meliputi kebutuhan materi, sosial dan spiritual serta hal lain yang penting sebagai penunjang kualitas hidup warga. Hingga, membuat warga bisa berkehidupan layak dan tidak serba kekurangan. Karena kita adalah makhluk sosial, maka sudah sepantasnya kita saling membantu antar sesama. Organisasi ini didirikan dengan tujuan membantu masalah-masalah sosial yang terjadi di sekitarnya. Agar lebih jelas, berikut beberapa tugas  mereka.

  1. Membantu orang-orang tidak mampu secara finansial, dengan memberikan mereka pekerjaan.Dalam hal ini karang taruna berperan pada perekonomian warganya. Mereka begitu membantu orang-orang yang tidak mampu,dengan memberikan pekerjaan. Sasaran pemberian bantuan lapangan kerja ini disasarkan pada mereka yang tak memiliki pekerjaan (tentunya), bahkan untuk kalian yang tidak memiliki pendidikan tinggi diakibatkan putus sekolah.
  2. Menciptakan rasa tanggung jawab kepada sesama makhluk sosial yang tak bernasib baik dari kita. Juga mengatasi berbagai masalah-masalah sosial. Dengan keberadaan organisasi ini, para anggotanya mempunyai tugas untuk mengatasi segala macam masalah tersebut. Jadi dengan demikian, ketika suatu lingkungan tempat tinggal terdapat berbagai masalah sosial, masalahnya ada yang menyelesaikan, jadi tidak hanya didiamkan masalahnya lalu dibiarkan mengendap.
  3. Meningkatkan kualitas para pemuda dan pemudi lewat aktivitas sosial yang dapat membantu kepribadian mereka menjadi lebih baik. Dengan demikian kualitas generasi penerus bangsa tidak lagi mengecewakan, setidaknya ini lebih baik dibanding tanpa kehadirannya di kehidupan kita.
  4. Menyelenggarakan berbagai acara yang bertujuan untuk membangun karakter jiwa muda yang membanggakan.
  5. Menumbuhkan semangat kebersamaan, sosialisasi yang kuat antara satu warga dengan warga yang lain.
  6. Mencegah segala hal-hal buruk terjadi, seperti masalah yang membuat kesejahteraan sosial berkurang.
  7. Sebagai penyelenggara kegiatan peningkatan kewirausahaan bagi para pemuda agar dalam kehidupannya lebih mengerti meski latar belakang hidup yang tidak mendukung. Setidaknya mereka memiliki tempat untuk belajar lewat berbagai kegiatan yang diciptakan organisasi ini.
  8. Meningkatkan kualitas pendidikan warganya agar tidak mengalami keterbelakang pendidikan.
  9. Mewujudkan kehidupan sejahtera secara merata pada seluruh warga karang taruna. Ini dibuktikan lewat berbagai macam kegiatan yang membangkitkan kualitas warga menjadi lebih baik lagi.

Tentunya tugas-tugas di atas, akan lebih nyata terlaksana dengan didukung oleh berbagai kegiatan mereka. Karang taruna tidak akan bekerja jika mereka tak melakukan apapun, di sinilah kuncinya.Tugas-tugas tersebut tak bisa terlepas dari berbagai kegiatan yang dilakukan oleh mereka. Lalu apa saja kegiatan yang dilakukan oleh karang taruna ini?

Setiap organisasi yang berdiri, tentunya memiliki kegiatan untuk dilaksanakan supaya perkumpulannya tersebut tampak hidup. Begitu pun dengan karang taruna. Makin ke sini, kegiatan yang dilakukan karang taruna makin kreatif. Dari mulai kemunculannya, hingga sudah bisa besar seperti sekarang, Karang taruna mengalami perkembangan yang signifikan. Tak melupakan tugas utama mereka yakni mensejahterakan warganya, kegiatan-kegiatan mereka begitu mencerminkan hal-hal yang membangun.

Kegiatan yang mereka lakoni tak terlepas dari tugas utama, serta kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan untuk menangani berbagai macam masalah sosial. Contohnya seperti masalah sosial fakir miskin, penderita hiv/aids dan napza, orang cacat, kenakalan remaja, korban dari bencana alam, orang-orang lanjut usia, dan masih banyak lagi. Adapun kegiatan-kegiatan warga yang mungkin Anda semua belum benar-benar betul ketahui. Tapi yang jelas, kegiatan tersebut tak terlepas dari tujuan utama mereka.

  1. Memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan entah itu dalam bentuk materi atau fisik.
  2. Memberikan pelayanan kepada warganya. Pelayanan ini meliputi berbagai hal, jadi para warga pun bisa tertolong jika tak bisa mrlakukan suatu kegiatan itu sendiri.
  3. Melakukan pembimbingan kepada warga. Contohnya bimbingan sosial dengan memberikan motivasi, menerima konsultasi para warga lantas memberi saran pada mereka.
  4. Melakukan suatu dorongan pada warga agar selalu berpartisipasi dalam setiap kegiatan agar sisi gotong royong tidak bisa dilepaskan dari kehidupan warga.
  5. Memberikan usaha pada warganya yang kurang penghasilan atau tidak memiliki penghasilan. Kegiatan ini dinamai dengan Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Tujuan dari dibentuknya UEP oleh anggota karang taruna tak terlepas dari keinginan mensejahterakan warga. Dalam hal ini di bidang ekonomi atau materi.i UEP, warga akan dipandu dalam melaksanakan berbagai kegiatan yang dapat menunjang kehidupan perekonomian mereka. Menciptakan lapangan kerja dengan berbagai usaha, memperluas laju pertumbuhan ekonomi supaya kesejahteraan mereka terpenuhi. Usaha ekonomi produktif ini disesuaikan dengan keterampilan para anggota. Jadi keahliannya di bidang apa, maka keahlian yang dimilikinya itu lah yang akan dijadikan sebagai usaha dalam kehidupan perekonomian produktif.
  6. Selain kegiatan-kegiatan kepedulian yang lebih condong pada materi dan sosial, karang taruna juga tak melupakan kegiatan lain yang fokus pada ragawi, esehatan badan, atau kesenangan batin. Karang taruna juga menggelar beberapa kegiatan rekreasi serta olahraga yang dapat menghibur para anggota serta warganya. karena hidup tak akan bisa berjalan sempurna bila raganya saja sakit, maka mereka pun menciptakan kegiatan-kegiatan yang menghibur ini. Tak lupa olahraga juga dipilih karena kesehatan diraih dari sana.

 

Dari berbagai macam kegiatan Organisasi ini, pada akhirnya kita akan tahu, bahwa organisaai tersebut benar-benar serius dalam bidangnya. Mereka tidak main-main dengan perkumpulannya itu. Maka, berbahagialah kita jika di sekitar tempat tinggal kalian atau saya, berdiri organisasi kepemudaan Indonesia tersebut.

Manfaat Karang Taruna

Tak terlepas dari kegiatan karang taruna yang penuh dengan hal-hal positif, di lain sisi pastinya tiap kegiatan yang dilakukan memiliki manfaat sendiri-sendiri. Organisasi ini memang banyak sekali manfaatnya. Apalagi untuk para pemuda, dan tentunya orang-orang yang bisa terbantu dari berdirinya organisasi tersebut. Meliputi berbagai aspek, karang taruna memberikan dampak yang begitu baik untuk siapa saja. Apalagi untuk anggota karang taruna,yang senantiasa melakukan hal positif untuk orang lain, dengan begitu jiwa muda mereka bisa terbentuk menjadi lebih baik.

Kita pun mengerti, pembentukan karakter yang baik, cocok dilakukan saat usia kita masih muda. Jika sedari muda kita sudah bisa berbuat baik pada orang lain, maka itu akan menjadi kebiasaan kita di tua nanti. Jadi beruntung sekali kalau saat ini Anda sekarang adalah anggota Karang Taruna.

Tetaplah tinggal di sana, jangan keluar dari keorganisasian itu, dan ingatlah! Ada banyak manfaat yang bisa kalian peroleh dari karang taruna ini. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa manfaat yang akan anda rasakan dari karang taruna. Entah itu Anda berada di posisi sebagai anggota atau warga yang terbantu:

  1. Membuat kehidupan menjadi sejahtera Tujuan utama mereka sendiri saja untuk mencapai kesejahteraan sosial. Maka manfaat pertama yang kita peroleh yaaaa kita bisa hidup lebih sejahtera. Para warga yang kurang mampu, dalam hal apapun, seperti ekonomi, kesehatan, spiritual dan lain-lain akan diatasi oleh mereka. Ini membuat kesejahteraan pun dapat kalian dapat dengan mudah karena ada orang-orang yang mau untuk mengatasinya.
  2. Masalah sosial bisa lebih mudah untuk diselesaikan Coba bay ngkan, kalau tak ada karang taruna di tempat tinggal anda ? Jika ada masalah sosial,siapa yang nantinya akan menyelesaikan? Apakah hanya dianggurkan begitu saja? Berbeda kalau ada karang taruna, mereka sudah memiliki cara untuk menyelesaikan masalah sosial,sudah mempunyai kegiatan resmi yang diharapkan bisa membantu masalah-masalah sosial itu terselesaikan.
  3. Kehidupan di sekitar kalian tidak akan sepi dengan hiburan Maksud dari hiburan di sini itu seperti kegiatan-kegiatan rekreasi yang diadakan organisasi ini.  Jika tak ada karang taruna,rasanya desa kalian akan sepi. Coba saja bayangkan, saat kemerdekaan Indonesia datang, yang menyelenggarakan berbagai acara hingga kampung kalian ramai adalah mereka.  Bagaimana jika tak ada mereka? Bisa jadi di hari kemerdekaan kalian tak akan ada hiburan. Hanya ada sepi, tak ada karnaval, lomba, hal-hal menyenangkan lain, jadi desa bisa sangat terasa membosankan tanpan kehadiran karang taruna. Mengingat berbagai kegiatan kreatif semacam itu hanya dilangsungkan oleh organisasi-orgasnisasi pemuda layaknya mereka.
  4. Menghindarkan para pemuda dari pergaulan yang tidak benar Dengan hanya terfokus pada karang taruna’, para pemuda akan lebih abai pada hal-hal negatif di luaran sana. Para pemuda yang masuk ke karang taruna akan lebih terdidik, karena yang mereka urus di sana adalah hal-hal yang berbau positif.Jadinya para pemuda pun dapat terhindar dari perilaku negatif yang merusak generasi.
  5. Jiwa para pemuda menjadi lebih baik dengan kehadiran karang taruna Kosa kata ‘lebih baik’, mengandung cangkupan luas. Jiwa para pemuda, khususnya yang menjadi anggota karang taruna akan lebih terbentuk.

Mereka bisa lebih mudah menyesuaikan situasi dan kondisi dalam tiap keadaan yang harus dihadapi mereka, membuat mereka mudah untuk bersatu dengan orang lain, menghargai pendapat, mau dan berkembang bersama orang-orang, jiwa mereka akan menjadi siap untuk kapan saja melakukan aksi gotong royong di tengah kehidupan mereka, dan masih banyak lagi. Generasi muda nantinya bisa lebih pandai dalam hal sosialisasi bersama orang-orang. Manfaat dari karang taruna masih banyak sekali. Anda sebagai warga atau anggota pun dapat merasakan manfaat itu sendiri di kehidupan kalian sekarang bukan?

 

 

Struktur Karang Taruna

 

 

Semoga dengan begitu anda semua yang ingin menjadi anggota karang taruna atau sudah menjadi anggota tapi masih bingung tugasnya, bisa menjadi tahu setelah membaca artikel ini. Berdasarkan Menteri Sosial RI Nomor: 83/HUK/2005 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna berikut susunan struktur beserta masing-masing tugasnya.

 

Ketua

Memiliki wewenang membuat serta menyetujui keputusan yang dilaksanalan dalam musyawarah antar anggota. Tugas dari seorang ketua adalah memimpin.

Ini merupakan posisi paling tinggi dari struktur organisasi kepemudaan Indonesia. Seorang ketua juga tugasnya menjadi perwakilan jika diundang dalam suatu acara misal upacara.

Ketua memiliki tanggung jawab paling besar di lain posisinya yang begitu tinggi. Ia juga bertanggung jawab menjaga kesatuan anggota-anggotanya agar tak tercerai berai.

 

 

Wakil Ketua

 

Karena wakil ketua, maka tugasnya tidak terlalu jauh berbeda dengan ketua. Hanya saja ia lebih dibutuhkan saat ketua berhalangan. Contoh saja saat mewakili kedatangan ketua di suatu acara, di situ ketua tidak bisa hadir dan tugas wakil ketua adalah menggantikannya.

 

Sekretaris

 

Mengatur keluar masuknya uang dengan mencatat pengeluaran maupun pendapatan,

ia bekerja bersama bendahara dalam pengaturan uang. Namun sekertaris juga bekerja pada ketua, tugasnya dengan menandatangani keluar masuknya pengurus-pengurus dan  mengkoordinasi seluruh penyelenggaraan organisasi meliputi administrasi maupun tata kerja.

 

Wakil Sekretaris

Tugasnya adalah membantu sekertaris utama. Juga menjadi pengganti bila sekertaris utama berhalangan melakukan tugasnya.

 

Bendahara

Seperti bendahara kebanyakan, tugas bendahara di karang taruna adalah mengatur keuangan.

Ia mengatur uang bersama ketua dan sekertaris, mereka menjadi tim kerja keuangan (TKK).

 

Wakil Bendahara

Membantu, menggantikan, bertanggung jawab pada bendahara utama di dalam tugasnya. Tentu saja wakil bendahara hal yang diurus juga tentang keuangan atau kekayaan milik organisasi.

 

Bidang Pendidikan dan Pelatihan

Mereka lah yang langsung terjun, melakukan kerja nyata pada masyarakat dengan menciptakan aktivitas yang bermanfaat kepada warga. Mereka bertugas untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia menjadi lebih baik. Caranya, bisa dengan melakukan aktivitas yang mendidik atau pelatihan tentang sesuatu yang dirasa perlu untuk para warga mempelajarinya.

 

Bidang Usaha Kesejahteraan Sosial

Tugasnya sudah pasti mensejahterakan warga karang taruna. Entah dengan cara bagaimana, mereka memiliki cara masing-masing. Namun yang jelas, sasarannya di sini adalah para menyandang masalah kesejahteraan sosial. Fokus mereka kepada orang-orang tersebut.

 

Bidang Kelompok dan Usaha Bersama

Di posisi ini mereka memiliki wewenang menyelenggarakan kegiatan yang membangun ekonomi menjadi stabil. Kegiatan itu seperti pembuatan lapangan kerja, penciptaan usaha baru, mengajak kerja sama dengan orang lain. Tugasnya meliputi pembentukan kelompok kerja, mengajak kerja sama dengan pihak lain, dan lain sebag inya.

 

Bidang Kerohanian dan Mental

Mereka memiliki tugas melaksanakan kegiatan berbau rohani entah itu masih dalam tahap perencanaan atau laporan.Di bidang kerohanian, yang mereka urus adalah tentang kerohanian, mental, ia juga bertanggung jawab pada wakil ketua atas segala apapun yang terjadi.

 

 

Bidang Olahraga dan Seni Budaya

Mereka mempunyai tanggung jawab besar atas segala penyelenggaraan aktivitas yang berhubungan dengan olahraga dan seni. Tugasnya adalah merancang kegiatan itu, serta melaksanakannya di kehidupan nyata desa mereka.

 

Bidang Lingkungan

Sebagai pemerhati lingkungan, posisi ini bertugas dalam penjagaan lingkungan tempat tinggal di sekitar karang taruna itu berdiri. Mereka berhak merancang segala kegiatan untuk dilaksanakan yang ada hubungannya dengan lingkungan hidup mereka.

 

Bidang Hubungan Kemasyarakatan

Struktur kepengurusan karangtaruna yang terakhir adalah mereka yang bertugas sebagai

penjaga tali sikaturahmi antara masyarakat tetap berlangsung.  Diharapkan hubungan antara masyarakat satu dengan yang lain tetap harmonis, terjaga, dan persatuannya tetap kental. Kewajiban tiap pengurus pantang untuk diselewengkan. Sebagai pengurus yang bertanggung jawab, maka berjanjilah untuk melaksanakan segala tugas yang sudah menjadi kewajiban buat Anda yang menjadi salah satu bagian dari mereka. Semangat!

 

Program Kerja Karang Taruna

 

Di sini saya akan memberikan contoh dari program kerja karang taruna. Tentunya setiap karang taruna tak bisa untuk harus sama setiap program kerja mereka. Tapi untuk lebih umumya, saya akan memberikan beberapa contoh program kerja yang mereka lakukan. Terlepas dari programnya,sebelum menuju pembahasan alangkah kalian lebih terlebih dulu tahu kalau karang taruna adalah sebuah organisasi kepemudaan Indonesia. Isinya adalah orang-orang muda, dari usia mulai dari 13 tahun sampai 45 tahun. Tiap program kerja yang mereka lakukan sangatlah bermanfaat untuk orang lain. Mereka melakukan itu semua semata-mata hanya ingin menyejahterakan warga karang taruna. Sungguh mulia sekali hati mereka. Dan berikut ini lah beberapa program kerja yang dilakukan oleh organisasi berisi para pemuda tersebut. Karena program kerjanya tak hanya ada dalam satu bidang, maka di sini saya akan mengelompokkannya dalam tiap-tiap bidang program kerja mereka.

 

Bidang Lingkungan

 

Merencanakan kegiatan gotong royong bersih-bersih desa Melakukan kegiatan peduli lingkungan dengan menanam pepohonan di sekitar jalanan Mengajari penduduk desa untuk tidak membuang sampah sembarangan dengan menyediakan tempat sampah di setiap sudut desa

 

 

Bidang Pendidikan

 

Menolong orang-orang yang kurang mampu untuk tetap melanjutkan sekolahnya Memberikan fasilitas seperti tas sekolah, sepatu, buku-buku agar para pelajar lebih semangat dalam mencari ilmu Memberikan hadiah pada anak yang berprestasi

Mengajarkan beberapa mata pelajaran atau memberikan pengetahuan pada anak-anak yang putus sekolah Memastikan penduduk desa, bahkan anggota karang taruna untuk wajib bersekolah minimal 12 tahun

Bidang Ekonomi

 

Memberikan penyuluhan kepada masyarakat yang kurang mampu dengan memberikannya usaha yang sesuai dengan keahliannya Menciptakan lapangan kerja Memperluas lapangan kerja Membantu orang-orang yang kurang mampu dengan meberikannya kebutuhan pokok sehari-hari Membentuk kelompok pertanian yang nantinya bekerjasama untuk menciptakan hasil tani yang lebih baik Membuka usaha yang nantinya dijalankan oleh orang-orang pengangguran supaya hidupnya lebih berguna

 

Bidang Spiritual

 

Menyambut tahun baru Islam dengan mengadakan kegiatan yang islami Memeriahkan malam takbir hari raya idul fitri Mengadakan pengajian untuk segala usia Menyambut bulan ramadhan dengan membuka buka bersama di masjid terdekat oleh seluruh kampung

 

Bidang Pelatihan

 

Melaksanakan pelatihan menjahit untuk ibu-ibu atau pemuda pemudi yang mau Menyelenggarakan pelatihan teknik komputer atau hal-hal yang berbau elektronik

Melaksanakan pelatihan memasak kue

 

Bidang Olahraga

 

Mengadakan acara jalan sehat untuk seluruh warga desa Saat 17 Agustus-an, dilaksanakan lomba olahraga Menjadwalkan untuk setiap hari-hari tertentu mengikuti kegiatan senam

Membentuk kelompok sepakbola, voli atau jenis olahraga lain untuk dipertandingkan dengan desa lain

 

Bidang Kesenian

 

Mementaskan tarian adat dari suatu daerah di panggung pertunjukkan Menampilkan pertunjukkan wayang saat hari bumi Membuat lomba yang berhubungan dengan kesenian untuk anak-anak Menjaga tradisi sebuah desa, tidak membiarkannya mati dengan selalu memegang tradisi tersebut kuat-kuat dalam setiap kesempatan Karang Taruna mempunyai program kerja yang tidak sedikit. Mereka memiliki banyak rencana untuk kesejahteraan warganya  lewat program-program kerja tersebut.

 

Dana Karang Taruna

 

Mungkin kalian penasaran, dari sekian banyaknya kegiatan yang dilaksanakan karang taruna, yang tentunya          bukan kegiatan kecil itu, kira-kira darimana dana yang mereka dapatkan? Tidak mungkin sebuah kegiatan dilaksanakan tanpa ada dananya. Lalu dari mana karang taruna ini mendapatkan uang? Apakah setiap anggotanya menyumbang? Berarti secara tidak langsung ini mengharuskan anggotanya harus orang kaya dong biar dana karang taruna terus mengalir. Kalau hanya berasal dari sumbangan para anggota, tidak akan bisa cukup kecuali sumbangan itu berjumlah besar.  Tapi itu hal yang tidak sepenuhnya salah bila anggota menyumbang agar kegiatan karang taruna tetap terlaksana. Yang jelas salah adalah jika anggota karang taruna itu orang kaya.

 

 

Pendapatan Internal

 

Mereka mendapatkan dana dari sumbangan tiap anggotanya. Entah itu anggota aktif maupun pasif. Tak ada paksaan dalam pemberian sumbangan. Mereka yang menyumbang adalah mereka yang benar-benar ikhlas dan keperluan hidupnya masih tercukup.Tak hanya sumbangan, mereka juga mendapatkan dana lain dari melakukan iuran yang sudah dijadwalkan oleh anggota aktif.

 

Dana juga mereka dapatkan dari hasil usaha yang mereka bangun

 

Usaha ekonomi produktif contohnya. Hasilnya lumayan untuk menambal keperluan-keperluan mendatang yang ada di rencana program kerja mereka. Dapat dikatakan, hasil usaha itu nantinya tidak mereka nikmati sendiri, tapi dibagikan kepada orang lain lagi. Mengagumkan bukan?

 

Pendapatan Eksternal

Seperti namanya, eksternal berarti luar.Pendapatan ini mereka dapatkan dari luar, tak jauh beda dengan pendapatan dari dalam, cuma di sini orang luar lah yang memberikan pengaruh.

 

Contohnya saja sumbangan Pihak luar menyumbang pada karang taruna, yang tentu saja secara ikhlas tanpa paksaan. Penyumbang-penyumbang ini biasanya adalah warga-warga yang tinggal di lingkungan organisasi itu berdiri. Memang tidak jauh-jauh tempat mereka mendapatkan dana, masih mengandalkan orang-orang di sekitar mereka.

 

Dana juga didapat dari penghasilan usaha yang mereka bangun dengan warga lain.

Kerja sama itu juga memberikan hasil buat karang taruna, namun sebelum itu mereka harus mengikat dengan siapa mereka melakukan kerja sama agar jelas ujungnya.

 

Dana dihasilkan dari sponsor

 

Tak jarang saat karang taruna mengadakan kegiatan, ada beberapa iklan di acara mereka. itulah cara karang taruna mendapatkan dana tambahan dengan menampilkan sponsor dari beberapa produk.

 

Dana karang taruna juga bisa berasal dari pemerintah

 

Subsidi yang diberikan pemerintah lumayan membantu dalam pelaksanaan kegiatan dengan tujuan kesejahteraan sosial ataupun urusan kepemudaan.Dana yang sudah terkumpul itu nantinya tidak diambil oleh karang taruna atau dinikmati sendiri. Malahan dana-dana tersebut diputar balikkan pada anda. anda semua yang akan menikmatinya. Jadi, selamat menikmati hasil kerja keras karang taruna.

 

 

Dasar Hukum Karang Taruna

 

 

Berdasarkan Peraturan Menteri Sosial No. 77/HUK/2010 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna (“Permensos 77/2010”),

Semoga dengan ini Anda bisa lebih mengenal dan memahami karang taruna. Tak hanya pengertian tapi dasar hukumnya juga.Ada banyak dasar hukum yang bisa kalian temukan di Permensos 77/2010. Secara tegas kami sampaikan, apa yang ada di sana adalah hal yang benar.Jadi tidak boleh disangkal. Ini lah dasar-dasar hukum mereka. Untuk lebih mudah dalam pemahaman,maka saya lakukan penyebutan dasar hukum yang mencolok saja. Karang taruna berada di daerah desa atau kelurahan Indonesia Seperti yang berada di pasal 4 Permensos 77/2010, kedudukan karang taruna berada di desa atau kelurahan negara Republik Indonesia. Karang taruna adalah lembaga kemasyarakatan Seperti yang terungkap pada pasal 1 angka 14 Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 5 Tahun 2007 tentang Pedoman Penataan Lembaga Kemasyarakatan (“Permendagri 5/2007”),  karang taruna adalah lembaga yang ada atas kesadaran dan rasa tanggung jawab warga kepada masyarakatnya. Karang taruna sebagai tempat para generasi muda melakukan bakti sosial kepada warganya agar dekat dengan kehidupan yang sejahtera.

 

Fungsi karang taruna adalah sebagai pensejahtera kehidupan sosial

Fungsi karang taruna secara lengkap diutarakan padapasal 6 Permensos 77/2010. Di sana dengan jelas tertera,fungsi karang taruna ingin agar warganya sejahtera. Anggota karang taruna berusia mulai dari 11 sampai 45 tahun Dasar hukumnya ada di dalam pasal 4 Permensos 77/2010.Disebutkan pula, anggota karang taruna harus diperlakukan dengan cara yang sama.Tidak boleh membeda-bedakan ras dan suka, setiap anggota harus diperlakukan secara adil.

Pengurus karang taruna harus berumur 17 sampai 45 tahun, tidak boleh lebih Selain itu, pengurus karang taruna dipilih secara musyawarah oleh warga karang taruna. Hal itu seperti dijelaskan pada pasal 6 Permensos 77/2010.Berasal darimana keuangan karang taruna diperoleh? Dalam pasal 10 Permensos 77/2010, pendapatan bisa diperoleh dari iuran khusus para anggota, sumbangan dari masyarakat tanpa ada paksaan, penghasilan dari usaha yang

karang taruna ciptakan sendiri, subsidi dari pemerintah dan pendapatan lain yang tidak bertentangan dengan undang-undang. Karang taruna bisa memiliki lambang

Di bab XII pasal 13 Permensos 77/2010 tentang identitas, tiap karang taruna bisa memiliki lambang sendiri-sendiri. Lambang itu bisa meliputi bendera, panji, lagu mars dan hymne. Identitas yang sudah sah ditetapkan, tidak bisa diubah kecuali sudah mendapatkan izin dari menteri sosial.

Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda dalam menambah referensi