Forum Kelurahan Sehat

Program kerja Kelurahan Sehat tingkat Kelurahan Polehan senantiasa melakukan tugas sesuai dengan perencanaan yang telah disepakati.

Rencana Program  yang  disepakati  pada tahun 2019 antara lain :

  1. Melakukan Rapat Koordinasi.

Rapat koordinasi yang membahas tentang kelurahan sehat akan diadakan setiap bulan , rapat koordinasi  melibatkan banyak  unsur  yang terkait, baik dari Unsur Kelurahan , Kasi  Masyarakat, PKK dan Unsur Masyarakat, dan Karang Taruna serta pelaku usaha.

  1. Melakukan sosialisasi tentang Kelurahan Sehat

Sosialisasi tentang  kelurahan sehat akan terus dilakukan tidak hanya di kelurahan , tetapi juga kepada semua semua masyarakat, yakani sector terkait , RW,RT,PKK,Tokoh Masyarakat, Generasi muda, Karang Taruna. Tentunya momen sosialisasi  dilakukan pada saat kegiatan pembinaan di tingkat Kelurahan,  ,RW dan RT.

3. Melakukan Pembinaan Sistem dan Pelaporan.

Seberapa bagusnya proses kegiatan yang dilakukan ,tanpa adanya pencatatan dan pelaporan maka tidak akan dapat dikembangkan lebih lanjut, karena dari pencatatan dan pelaporan tersebut kegiatan dapat dievaluasi dan dianalisa yang selanjutnya dapat dijadikan pijakan untuk menngeluarkan kebijakan program.

  1. Monitoring dan Evaluasi

Proses pelaksanaan kegiatan yang sudah dicapai dengan laporan perlu dievaluasi melalui umpan balik bulanan, triwulan, smester dan tahunan, dan sudah tentu dalam evaluasi nanti tidak semua pihak sepaham dalam menilai laporan yang dilakukan, oleh sebab itu perlu kiranya menyamakan paham dan menyatukan persepsi untuk mengurangi gap dan atau ego sector yang sering terjadi.

  1. Pengembangan Program Kelurahan Sehat

Pengembangan Program kelurahan Sehat akan dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan
seiring dengan keberhasilan dan pencapaian maksimal dari kegiatan yang dilakukan di wilayah
Kelurahan Polehan.

               Terobosan Alternatif

Menginventarisir permasalahan yang terjadi di lapangan terutama  pelaksanaan yang terkait dengan tatanan Kelurahan Sehat, kemudian dicarikan solusi untuk mengatasinya.

  1. Menjalin kerjasama yang baik dengan masyarakat agar program berjalan optimal.
  2. Monitoring dan pembinaan terkait apakah ada permasalahan yang perlu dicarikan jalan keluarnya.

 

1. Pendanaan Kegiatan

Pendanaan kegiatan untuk mendukung tatanan kota sehat Kelurahan Polehan diupayakan hal – hal sbb :

  1. Mengusulkan nomenklatur kegiatan yang sifatnya mendukung program Kelurahan Sehat pada saat musrenbang.
  2. Menjalin kerjasama yang baik dengan pihak Donatur Swasta/perusahaan yang ada di wilayah kelurahan setempat.

.    Pengembangan Kegiatan Kota Sehat

  1. Penyuluhan tentang pentingnya memahami maksud dan Tujuan dilaksanakannya Program Kelurahan Sehat sebagai salah satu upaya meningkakan kepedulian terhadap lingkungan yang sehat dan berhubungan erat dengan penilaian

Kelurahan award dan sejenisnya.

  1. Mengembangkan penyuluhan sosialisasi program kelurahan sehat kepada remaja di lingkungan RW/RT
  2. Memaksimalkan kegiatan tatanan Kelurahan Sehat dengan maksud agar Kelurahan Polehan dapat terus meningkatkan pentingnya pokja kelurahan sehat dibentuk.