ARSIP BERITA POLEHANNEWS POLEHAN

Pos Kesehatan Kelurahan (POSKESKEL)

Pandemi Covid 19 yang belum berakhir ini tidak menyurutkan pelayanan kesehatan bagi Ibu dan Anak di wilayah Kelurahan Polehan. POSKESKEL salah satu alternatif dari beberapa pelayanan kesehatan yang sudah di non aktifkan karena tidak diperbolehkan berkumpulnya masa seperti halnya giat; posyandu balita, anak, dan lansia. Karena Balita dan lansia merupakan potensial tertular / terjangkit virus Covid 19.

melalui lembaga Kelurahan Siaga (KELSI) yang membawahi POKJA SEHAT dan POSKESKEL bersama Puskesmas Kendalkerep memberanikan diri dengan penerapan Protap Kesehatan yang ketat membuka layanan IMBAL JAMU yang merupakan singatan dari; IMunisasi Balita Janji Temu Di Kelsi karena POSKESKEL satu atap dengan sekertariat KELSI.

Pos Kesehatan Kelurahan dibawah pengawasan dan pembinaan Puskesmas Kendalkerep karenanya yang melakukan pemeriksaan, imunisasi, pelayanan KB langsung dilakukan bidan wilayah Kelurahan Polehan. Sebenarnya di Kelurahan Polehan sudah ada Puskesmas Pembantu yang beroperasi setiap hari Senin, Rabu dan Jumat setiap minggu tetapi hanya untuk pelayanan masyarakat umum. Tetapi dengan keberadaan POSKESKEL untuk pelayanan khusus pada Ibu dan Anak terutama yang membutuhkan pelayanan Imunisasi.

Untuk Pelayanan imunisasi sebelum adanya poskeskel dilayani di Puskesmas Kendalkerep yang kurang lebih jaraknya  sekitar 4,5 KM dari Kantor Kelurahan Polehan. Tidak terlalu jauh tetapi disaat harus membawa balita merupakan sebuah kesulitan tersendiri apalagi dengan arus lalulintas yang padat hal ini salah satu penyebab tertundanya tahapan imunisasi bagi Balita. Tentunya akan menghambat tercapainya kekebalan dan imunitas generasi kita.

Mendekatkan pelayanan salah satu strategi bagi Kelurahan Polehan dalam memberikan pelayanan Prima dan cepat untuk  Masyarakat. Hal ini sejalan dengan program pemerintah Kota Malang untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat serta mendekatkan pelayanan dengan Masyarakat.

Kader Posyandu yang selama pandemi ini juga aktifitasnya berkurang tetapi tetap melakukan pemantauan secara online ataupun kunjungan yang terbatas. Untuk membantu kelancaran pelayanan POSKESKEL maka kader Posyandu diikut sertakan dalam pelayanan di POSKESKEL. Pencatatan, Penimbangan, Pengukuran dan mengatur Jalannnya ketertiban serta memastikan pengunjung melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Tidak dapat dipungkiri fungsi kader dalam membantu terlaksananya Pelayanan Poskeskel sangatlah penting dalam mendukung kesuksesan kegiatan pelayanan POSKESKEl Srikandi Kelurahan Polehan.

Pos Kesehatan Kelurahan (POSKESKEL) Srikandi Kelurahan Polehan Kecamatan Blimbing Kota Malang membuka pelayanan 2 Kali dalam satu Bulan yaitu pada hari selasa minggu kedua dan selasa minggu ke Empat mulai pukul 08.00 sd 10.30 WIB. Pengunjung baik Balita ataupun Ibu untuk KB mencapai kisaran 15 sd 25 Orang setiap pertemuannya. Antusias ini karena penyuluhan dari Puskesmas kendalkerep, Penyuluh KB, KELSI dan POKJA SEHAT yang selalu dishare oleh kader-kader kepada masyarakat.

kelpolehan.press.r35ty

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *