PRA MUSRENBANG Tingkat RW se Kelurahan Polehan

https://www.youtube.com/watch?v=9IS9j1Ec41w

Giat Pra Musrenbang Tingkat RT  dan RW sekaligus juga oleh seluruh lembaga yang ada di wilayah kerja Kelurahan Polehan merupakan rangkaian kegiatan sebagai awalan untuk penyelenggaraan pra musrenbangkel yang akan diadakan pada tanggal 12 Januari 2020 yang selanjutnya akan digodok / dimatangkan pada Musrenbangkel tanggal 17 januari 2020 menentukan prioritas pengusulan. Kegiatan ini didukung oleh dana hibah dari pemerintah untuk menyelenggarakan seluruh rangkaian musrenbang yakni dari Tingkat RW sampai Kelurahan.

Musrenbang tahun 2020 akan banyak terdapat perubahan terutama adanya Laskar Perencana di tiap kelurahan dan tiap kecamatan yang difungsikan sebagai pendamping seluruh proses Pra musren ataupun pada saat musrengbangkel dilaksanakan, mengingatkan apa saja yang dianggap sebagai permasalahan di lingkungan baik fisik ataupun non fisik, mengontrol administrasi pelaporan mulai dari rembug RW sampai musrenbangkel. Laskar Perencana ini direkrut oleh BARENLITBANG Kota Malang melului beberapa test administrasi dan skill sehingga diharapkan  laskar pelangi akan mampu menjadi pendamping masyarakat dalam mensukseskan musrengbang 2021 dan sesuai tepat sasaran.

Pra musrenbang tingkat RW diawali sebelumnya dengan pelaksanaan rembung warga ditiap RT untuk menentukan prioritas kebutuhan dan sumber pendanaan, juga pengusulan delegasi. Kemudian dari usulan tiap RT akan dirembung lagi di tingkat RW untuk menentukan prioritas kebutuhan di RW tersebut sekaligus menentukan SKPD atau Dinas terkait yang membidangi rencana kebutuhan yang diusulkan. Selain itu juga dalam pra musrenbang tingkat RW juga menetapkan calon delegasi sebagai wakil RW ke musrenbangkel Kelurahan.

Pra musrenbangkel dilaksanakan guna membahas dan mengakomodir   usulan – usulan dari tiap RW dan kelompok masyarakat atau kelompok kelembagaa di tiap RW.  selain  dan itu juga memverifikasi usulan dari masing masing RW  dan kelompok masyarakat terkait nomenklatur jenis kegiatan, sumber pendanaan, kesesuian dengan isu strategis , kesesuai kewenangan  OPD pengampu kegiatan dimaksud. Dan pada pra musrenbangkel ini juga akan diputuskan usulan dari tiap RW yang sudah menjadi urutan  prioritas yang akan diusung menjadi prioritas kelurahan melalui Musyawarah dengan merajuk pada kebutuhan dan urgenitas penanganan. Memilih  wakil – wakil dari RW untuk menjadi delegasi kelurahan di tingkat Kecamatan dalam hal ini yang dipilih tentunya yang benar-benar dapat mengawal seluruh usulan agar dapat mejadi prioritas pada musrenbangcam, untuk itu tentunya dipilih haruslah seseorang yang mumpuni dan mengerti kebutuhan diwilayah kelurahan yang harus segera dilaksanakan dan menyangkut hajat hidup masyarakat banyak.

Tahapan tahapan yang telah dilaksanakan rembug warga, musren RW dan Pra Musren akan mempermudah pada saat pelaksanaan musrenbangkel yang akan berlangsung karena pada saat hari pelaksanaan musrenbang maka tinggal hanya penetapan dari hasil tahapan – tahapan yang telah dilaksanakan. Selain itu prioritas juga telah tergodok dengan matang dan menghasilkan prioritas yang membawa aspirasi masyarakat.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.