BANTUAN UNTUK URBAN FARMING

          Kelpolehan-RW.07 yang diketuai oleh Bapak Ngatmiran menjadi salah satu wilayah yang mendapatkan bantuan pupuk, tanah, sekam dan benih di hotel Gajahmada. Bantuan ini merupakan  kail bagi pemerintah kota malang melalui TP PKK  Kota Malang  dalam membantu masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan dengan mengurangi pengeluaran pada kebutuhan pangan di keluarga dengan memanfaatkan lahan yang sempit tetapi dapat berdaya guna bagi keluarga.

Pada kegiatan yang langsung ditinjau oleh Ibu Walikota Malang Ibu Widya Sutiaji banyak memberikan inspirasi kepada warga juga kader yang hadir di BSM “Bersemi “ lokasi kegiatan urban farming di RW.07 Kelurahan Polehan melalui sambutannya. Kehadiran penyuluh pertanian dari Kecamatan Blimbing  juga salah satu yang akan mendampingi para kader di rw.07 dalam bertanam di pot ataupun media lainnya.

Kegiatan dalam program urban farming dari TP PKK kota Malang menjadi prioritas karena terkait tingginya kasus stanting di kota malang yaitu ada 18 persen dari seluruh  balita di Kota Malang  oleh karena itu Tim Penggerak  PKK Kota Malang  yang merupakan  shadow dari Pemerintah atau  bayang – bayang Pemerintah yang bersama – sama melakukan kegiatan untuk membangun masyarakat tetapi  yang tdk tercover/terjangkau pemerintah sehinggamenjadi tugas Tim Penggerak PKK Kota Malang  dalam pemberdayaan perempuan

Tim Penggerak Kota Malang mempunyai anggota mulai dari tingkatk kota sampai dasawisma sehingga program – program yang telah di rencanakan dapat terlaksana. Seperti halnya kegiatan Urban Farming ini yang bertujuan agar ;

  1. Pemberdayaan Perempuan dalam memberdayakan lingkungan setempat terutama dalam penanaman dan pemanfaatan lahan disekitar rumah .
  2. Mengantispasi inflasi di masyarakat, untuk itu padakegiatan urban farming  telah disediakan bibit biji cabe hijau, merah dan rawit juga  tomat sertasayuran bayam, sawi dan kangkung.Kenapa dipilih biji – bijian tersebut karena harganya  yang fluktuatif dan menjadi konsumsi makanan keluarga sehari – hari sehingga dengan harapan penanamannya akan mengurangi pengeluaran keluarga disaat  harga sedang naik fluktuatif.
  3. memberikan virus kebaikan dengan memanfaatkan lahan sempit baik diteras ataupun pekarangan juga lahan lahan tidak terpakai lainnya untuk mejadi lahan bertanam atau disebut urban farming.

Dengan mengajak peran serta masyarakat luas akan memberikan dampak yang luar biasa terutama pada perubahan cara berfikir masyarakat menjadikan kreatif dan berinovasi. Selanjutnya akan muncul berbagai ide – ide baru di masyarakat.Sehingga hasil akhir atau gol nya kita selain menularkan virus kebaikan  untuk lingkungan dan juga keluarga.

Untuk menganalisa keberhasian  maka pada kegiatan urban farming dan juga menambah semangat maka Tim Penggerak PKK menjadikan kegiatan ini adalah agenda kerja untuk dilombakan pada lomba administrasi 10 Program Pokok PKK dan menjadi tambahan nilai dari kegiatan urban farming dan juga penanaman toga.

Untuk nilai yang telah diberikan 3jt lebih per Kelurahan bukanlah nilai yang sedikit demi mengkampanyekan urban farming ini Pemerintah kota malang melalui Tim Penggerak PKK Kota Malang dengan  Pokja 3 benar – benar mengharapkan kegiatan pemberian bantuan urban farming akan termanfaatkan dan menjadi unggulan kegiatan pokja 3 diseluruh kota Malang.

Urban farming menjadi andalan Tim Penggerak PKK Kota malang untuk itu diharapkan masyarakat dapat melaksanakan kegiatan tersebut yang memang akan  banyak membantu masyarakat dalam meningkatkan ketersediaan pangan mandiri dan juga tentunya menghijaukan kembali kota malang

Kelpolehanpress.2019

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.