NEWS POLEHAN

REMBUG WARGA MASA BHAKTI PK . BKM POLEHAN

Dalam rangka siklus PNPM-MP, maka pada tahun 2019 ini, Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Polehan kelurahan Polehan kecamatan Blimbing Kota Malang propinsi Jawa Timur, menyelenggarakan Pemilihan Umun bagi warga masyarakat kelurahan Polehan. Pemilu kali ini merupakan Pemilu untuk memilih pimpinan kolektif BKM Polehan yang akan menjadi pemegang kebijakan program PNPM-MP untuk wilayah kerja kelurahan Polehan Kecamatan Blimbing Kota Malang selama kurun waktu tiga tahun terhitung mulai akhir 2019-2021.

 

 

Pemilu BKM ini melibatkan utusan warga dari 79 RT di wilayah Kelurahan Polehan yang masing-masing RT mengirimkan tiga orang utusan. Proses pemilihan utusan RT tersebut sebelumnya juga melalui tahapan Pemilu tingkat basis yaitu tingkat internal RT terkait.

 

Adapun Pemilu BKM diselenggarakan pada hari Selasa tanggal 02 juli 2019 di Aula Kelurahan Polehan Kecamatan Blimbing Kota Malang Jalan Raya Puntodewo 29 RT.01 RW.03 . Tepat pukul 20.00 WIB, setelah peserta Pemilu dari utusan RT dirasa telah memenuhi kuorum, maka prosesi Pemilu dimulai.

Adapun susunan acara yang berlangsung adalah sebagai berikut

 

AGENDA ACARA

REMBUG WARGA

PEMILIHAN PIMPINAN KOLEKTIF BKM POLEHAN

KELURAHAN POLEHAN

PERIODE 2018-2021

SELASA, 02 JULI 2019

 

AGENDA 1

OPENING CEREMONY/ Pembukaan

  1. Pembukaan
  2. Sambutan – sambutan :

  Koordinator PK BKM

  Tim Korkot

  Lurah Polehan

  1. Do’a
  2. Penutup

AGENDA 2

PEMILIHAN PIMPINAN SIDANG

Penyepakatan TATIB REMBUK PEMILIHAN BKM

Penyepakatan Hasil PS

Laporan Pertanggungjawaban BKM

Penetapan AD   BKM

Cek daftar hadir ( 50%+1) sekaligus pencoretan yang tidak hadir

Prosesi pemilihan BKM

Perangkingan Perolehan  Pemilu BKM

Pengesahan Hasil Pemilu BKM

Closing ceremony / penutupan

Pemilihan Koordinator BKM 

Opening ceremony dimulai oleh Saudara Resti Ismawati sebagai pembawa acara pada agenda -1. Kemudian berturut-turut menyampaikan sambutannya adalah Bapak Teguh Prayitno selaku panitia pemilu PK. BKM, Bapak Joko Nugroho, S. Ap selaku Lurah Polehan, Bapak Sujadi  koordinator Pimpinan Kolektif BKM Polehan masa bhakti 2015-2018,. Setelah opening ceremony diselesaikan, maka memasuki agenda ke-2 yaitu acara Pemilu BKM.

Acara ini dibuka dengan prosesi pemilihan ketua sidang Rembug Warga yang jatuh pada Bapak Teguh Prayitno. Ketua sidang terpilih kemudian menyampaikan tata tertib Pemilu BKM. dilanjutka perwakilan yang menyetujui tata tertib sidang.

Setelah disepakati bersama, acara dilanjutkan dengan penyampaian hasil Pemetaan Swadaya (PS) oleh Bapak Ngatmiran. Adapun PS ini merupakan hasil usulan dan loka karya dari warga yang akan disusun menjadi PJM periode 2019-2021.

Selain itu, disampaikan juga LPJ BKM oleh bapak Sujadi, koordinator PK BKM demisioner yang menyampaikan hasil kinerja BKM selama ini.

Pemimpin sidang Rembug Warga juga menyampaikan draft Anggaran Dasar (AD) BKM yang ditawarkan apakah ada perubahan ataukah tidak. Semua peserta Rembug Warga sepakat untuk tidak merubah AD BKM. .

Selanjutnya adalah pengecekan perwakilan dari RT sebagai kandidat yang dapat memilih dirinya ataupun memilih kandidiat lain sebagai nominator BKM. Setiap wakil hanya bisa  memilih 2 calon yang diunggulkan yang kemudian akan dipilih kembali untuk menjadi calon anggota BKM. Dari perwakilan yang melakukan pemilihan akhirnya terpilihlah sebanyak 7 kandidat sebagai calon.

Persyaratan lain sebagai calon adalah anggota yang pernah menjabat di BKM dengan prosentase keaktifan diatas 70% dapat dipilih langsung sebanyak 4 orang anggota dan mengundurkan diri karena telah menjabat sebagai anggota DPRD Kota Malang.

Dari kedua unsur calon sebanyak 11 orang ini akan di pilih 1 orang Koordinator BKM dengan melaksanakan rapat kecil. Yang kemudian terpilihlah satu orang sebagai Koordinator BKM masa Bhakti 2019-2021. Dari rapat tersebut terpilihlah Bapak Sujadi menjadi coordinator BKM Polehandengan masa Bhakti tahun 2019-2021 dan untuk pengurus lain akan diadakan rapat lanjutan.

Pengukuhan PK. BKM Kelurahan yang dikukuhkan oleh Lurah Polehan Bapak Joko Nugroho, S. Ap tepat pada pukul 23.10 WIB.

Semoga setiap jengkal amal saudara untuk membangun Kelurahan Polehan adalah Ladang amal saudara sekalian untuk keluarga… amin

Penutup.

Kelpolehan.press2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *